Kamis, 10 Juni 2021

Cara Efektif Membangun Rumah dengan Biaya Murah

 

Cara Efektif Membangun Rumah dengan Biaya Murah - Memiliki sebuah rumah idaman yang murah tentunya impian dari semua orang. Rumah adalah sesuatu yang mahal, harga property dalam setiap tahunnya semakin naik, begitu juga dengan harga material bangunan nya. Namun Membangun Rumah dengan Biaya Murah bukanlah tidak mungkin, setidaknya ada beberapa tips / cara untuk mengurangi biayanya. Artian murah disini bukan berarti rumah tersebut tidak bagus, melainkan lebih mengarah ke biaya  pembangunan sebuah rumah. Terdapat banyak sekali cara membangun rumah murah yang tersebar di internet. Dalam artikel ini akan menjelaskan dengan lebih detail mengenai membangun rumah dengan biaya yang murah.

 

Berikut ini adalah cara, dan tips trik seputar Membangun Rumah dengan Biaya Murah:

 

Gunakan Desain Rumah Minimalis

Sudah tidak dipungkiri lagi, jika desain rumah minimalis merupakan desain rumah yang memiliki anggaran pembangunan yang  jauh lebih murah ketimbang yang lainnya. Namun, bukan berarti dengan anggaran pembangunan yang murah membuat rumah tipe minimalis menjadi terkesan seadanya, melainkan malah terlihat jauh lebih modern dan tentunya bagus. Selain itu, tidak sedikit kontraktor yang memiliki proyek untuk membangun perumahan lebih  memilih rumah dengan tipe ini. Dan banyak sekali rumah tipe minimalis yang selalu  muncul di acara-acara yang berhubungan dengan rumah dan ini membuktikan bahwa rumah dengan tipe ini cukup bagus. Rumah minimalis secara umum mempunyai sifat simpel, dan praktis, dan tidak banyak memiliki ornamen, sehingga bisa mengurangi biaya dalam pembuatannya.


 

Gunakan Desain yang Efektif dan Efisien

Yang dimaksud efektif dan efisien adalah desain yang sesuai dengan kebutuhan. Contoh saja kebanyakan orang Indonesia menggunakan plafon yang tinggi setinggi 3,5m sampai 4m. Hal ini jelas-jelas sebuah pemborosan, karena tinggi plafon ideal adalah antara 2,8 hingga 3,2 meter sudah sangat mencukupi. Membuat rumah terlalu tinggi jelas memakan biaya yang lebih mahal, dan selisihnya tidaklah sedikit. Contoh lain desain atap dengan kemiringan tinggi, hal ini tentunya akan membuat desain atap menjadi lebih tinggi dan memakan biaya lebih juga. Mungkin anggapan orang supaya terkesan bagus dan megah. Padahal membuat yang bagus tidak selalu dengan cara pemborosan, atap dengan kemiringan rendah pun bisa jadi bagus dan elegan jika didesain dengan baik.


 

Atur Denah Ruangan, Kurangi Sekat Dinding / Partisi

Biasanya orang-orang lebih senang membagi ruangan, seperti ruang makan sendiri, ruang keluarga sendiri, ruang tamu sendiri, dan masih banyak yang lainnya. Memang boleh-boleh saja, akan tetapi ini  malah dapat membuat pemborosan biaya. Tentu saja karena biaya untuk membuat dinding dan partisi juga tidak murah. Selain itu, jika luas tanah juga dapat dikatakan cukup  sempit, maka pembagian ruangan ini malah membuat tiap ruangan lebih  kecil  dan malah  memiliki kesan yang tidak nyaman. Oleh karena itu, pengaturan ruangan yang satu dengan yang lain penting untuk dilakukan, karena dapat menghemat biaya dan dapat membuat ruangan lebih luas. Biasanya, ruangan yang sering kali menjadi satu adalah ruang tamu dan ruang keluarga, serta dapur dan ruang makan.


 

Gunakan Hiasan / Ornamen Seperlunya

Memang setiap orang terutama wanita / ibu-ibu sangat menyukai hiasan pada rumahnya, misalnya saja pada dinding. Namun, hal ini lebih  mengarah ke pemborosan biaya. Sebenarnya, boleh-boleh saja memberi hiasan, namun dalam skala yang wajar saja.  Khususnya rumah minimalis, penggunaan ormaen bisa dimimalisir. Jika memang benar-benar ingin menggunakan ornamen kita bisa melakukannya dilain waktu setelah rumah / bangunan utama jadi dan apabila ada dana berlebih. Selain itu, lebih baik mendahulukan hal yang bermanfaat terlebih dahulu ketimbang yang kurang bermanfaat.


 

Gunakan Rangka Bajaringan untuk Atap

Sekarang ini, harga rangka baja ringan sudah jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga kayu. Selain itu, kekuatannya juga sudah melebihi kayu dan tentunya dengan menggunakan baja ringan Anda juga sudah ikut dalam pelestarian alam. Tips lain dari penggunaan bajaringan adalah anda bisa mendesain rumah dengan atap kemiringan yang rendah, mungkin kisaran 10 atau 15 derajat kemiringan. Atap yang digunakan bisa menggunakan atap metal / galvalum. Tentunya hal ini akan menghemat biaya.

 

Gunakan Material yang Ringan (untuk rumah 2 lantai)

Mengapa menggunakan material yang ringan? Jawabannya adalah untuk menghemat struktur. Struktur adalah komponen bangunan yang memakan biasa besar, mulai dari tulangan besinya sampai cor betonnya. Dengan memakai material ringan dimensi struktur bisa berkurang cukup signifikan dan tentunya menghemat biaya. Contoh material ringan adalah dinding hebel / partisi gypsum, kusen aluminium, rangka atap bajaringan, atap galvalum.

 

Gunakan Tukang Bangunan dari Pemborong yang Profesional

Biasanya, terdapat pemborong yang menawarkan jasa mereka untuk mengerjakan sebuah rumah. Dan harga jasa dari pemborong ini jauh lebih murah jika dibandingkan Anda mencari sendiri tukang bangunan, dan membayarnya harian. Selain itu, tukang bangunan dari pemborong profesional juga memiliki kualitas sumber daya manusia yang cukup terampil di bidangnya. Oleh karena itu, pembangunan rumah impian Anda akan benar-benar tercapai. Selain itu, dengan menggunakan jasa yang sudah profesional, maka pembangunan rumah juga jauh lebih cepat dan tentunya lebih menghemat biaya.


 

Tentukan Tanggal Mulai Pengerjaan

Tidak jarang, orang membangun rumah pada musim hujan dan tentunya ini sangat tidak efektif  dan ini adalah pemborosan. Oleh karena itu, pastikan Anda menentukan tanggal terlebih dahulu kapan dimulainya pengerjaan tersebut dan pastikan jangan pada saat musim hujan

Itulah sedikit informasi mengenai tips Membangun Rumah dengan Biaya Murah yang benar. Semoga dengan adanya informasi ini, Anda lebih dapat menekan biaya pembangunan rumah impian anda.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post
Load comments