Sabtu, 07 November 2020

Memanfaatkan Uang Pesangon untuk Bisnis dengan 4 Trik Ini!

 


Memanfaatkan Uang Pesangon untuk Bisnis dengan 4 Trik Ini! – Pemutusan Hubungan Kerja atau lebih sering disebut sebagai PHK merupakan salah satu keadaan yang menjadi mimpi buruk banyak pekerja. Pemasukan yang harusnya rutin di dapatkan setiap bulan akhirnya harus berhenti dan membuat Anda berpikir ulang bagaimana memenuhi kebutuhan domestik. 


Walaupun sedang sedih, Anda tidak boleh berlarut-larut dalam menghadapi peristiwa tersebut. Ketika seorang pekerja di PHK, umumnya ia akan mendapatkan pesangon. Uang pesangon inilah yang bisa Anda gunakan untuk membuka bisnis baru. Jika dilakukan dengan benar, tentunya bisnis tersebut dapat berkembang dengan baik dan menjadi pemasukan utama Anda.

 
Terdapat beberapa cara memanfaatkan uang pesangon untuk bisnis yang bisa Anda lakukan. Jumlah uang yang terbatas mungkin akan membuat Anda bingung bisnis apa yang hendak dibuka, namun empat bisnis trik tersebut dapat Anda pertimbangkan untuk dilakukan.

 
Selain biayanya yang tidak terlalu besar, kemungkinan keuntungan yang di dapatkan juga cukup menjanjikan. Berikut merupakan trik bisnis dan jenis usaha yang cocok untuk Anda dengan memanfaatkan uang pesangon.

 

Warung Grosir atau Sembako
Tidak ada salahnya membuka bisnis sendiri di rumah, cara ini lebih menguntungkan karena Anda tidak perlu membayar sewa. Jenis warung grosir yang bisa Anda buka juga bervariasi, bisa dalam skala yang besar maupun skala yang kecil. Untuk warung grosir dengan skala medium dan dilakukan di rumah sendiri, dana yang perlu Anda keluarkan tidak lebih dari 10 juuta rupiah. 


Seperti bisnis lain pada umumnya, tentu Anda harus merencanakan berbagai konsep dahulu sebelum berniat untuk membuka warung grosir. Misalnya dengan membuka riset pasar, berapa modal yang sekiranya diperlukan untuk membeli produk dan membuat peralatan warung, kemungkinan resiko yang dihadapi, serta keuntungan yang di dapatkan.

 
Jika Anda tidak merencanakan aspek tersebut dengan matang, cara memanfaatkan uang pesangon untuk bisnis dengan membuka warung grosir bisa-bisa gagal. Terkait dengan lokasi, jika rumah Anda tidak memungkinkan untuk membuka warung, Anda bisa menyewa lokasi yang sekiranya cukup ramai namun tidak memiliki banyak pesaing di lingkungan sekitar.

 
Agen Gas Elpiji
Anda yang tidak ingin membuka warung dan menyewa tempat, bisa membuka bisnis menjadi penjual gas elpiji. Agar bisa menjual produk tersebut, tentunya Anda harus menjadi agen, sehingga Anda bisa terdaftar resmi sebagai penerima gas elpiji dan memiliki hak untuk menjualnya. Modal yang dikeluarkan untuk menjadi agen elpiji juga tidak besar, sekitar 10 sampai 20 juta untuk permulaannya. 


Jika Anda bisa menjua sekitar 1000 gas elpiji dalam kurun waktu enam bulan, Anda akan mendapatkan diskon untuk pembelian gas epliji ke depannya. Anda tetap bisa menjualnya dengan harga semula, namun keuntungan yang di dapatkan tentu akan lebih besar dibanding sebelumnya. 


Usaha yang memanfaatkan uang pesangon untuk bisnis tentunya memiliki perizinan yang cukup ketat, apalagi barangnya merupakan produk yang mudah terbakar. Karena itulah menjadi agen menjadi suatu keharusan yang wajib Anda lakukan. Pertimbangkan pula mengenai kerugian dan kemunkinan barang, apakah akan laku terjual atau tidak jika melakukan stok dalam jumlah yang besar.

 
Berjualan Camilan
Apabila Anda memiliki bakat untuk memasak, kenapa tidak mengembangkan bakat tersebut dan mulai untuk membuka warung kecil-kecilan. Anda juga bisa berjualan aneka cemilan untuk dijajakan, terutama di warung, kantin, atau melakukan penjualan secara daring. Makanan ringan atau camilan dinilai lebih mudah laku dibandingkan dengan makanan berat. 


Bisnis ini cukup fleksibel dan mudah dilakukan, modal yang Anda keluarkan cukup bervariasi tergantung dengan jenis camilan yang hendak Anda buat. Agar lebih hemat, Anda bisa memanfaatkan bahan yang cukup banyak tersedia di sekitar Anda dan cukup mudah untuk di dapatkan. 


Dengan melakukan hal tersebut, Anda sudah melakukan penghematan pengeluaran dana untuk melakukan produksi. Misalnya Anda memanfaatkan uang pesangon untuk bisnis dengan membeli kentang dan membuatnya menjadi keripik. Jika memiliki lahan yang cukup, Anda bisa menanam sendiri kentang untuk diproses menjadi keripik.

 
Membuka Bisnis Warabala
Apabila Anda kurang percaya diri untuk membuka bisnis secara mandiri, Anda bisa bergabung dengan mitra ataupun lembaga warabala. Sehingga Anda tidak perlu berpikir ide apa yang hendak digunakan untuk menentukan jenis dan format usaha. Cukup dengan mengikuti arahan dari lembaga warabala dan membeli bahan produksi dari mereka. 


Anda juga bisa bergabung dengan kemitraan dengan menyusun sistem warabala. Dengan begitu, Anda tidak perlu langsung terjun untuk melakukan penjualan dan marketing. Skema kemitraan pun makin terjangkau tiap tahunnya, Anda bisa menyesuaikannya dengan jumlah dana yang Anda miliki.
Itulah empat trik usaha memanfaatkan uang pesangon untuk bisnis yang bisa Anda lakukan. Jika memungkinkan untuk melakukan wirausaha sendiri dan sukses, Anda bisa mempertimbangkan untuk melalukannya mulai dari sekarang.

 
 

Artikel Terkait

This Is The Newest Post
Load comments