Rabu, 28 Oktober 2020

Ingin Hemat Kuota Saat Menggunakan WhatsApp? Simak 4 Tips untuk Mensiasatinya

 


Ingin Hemat Kuota Saat Menggunakan WhatsApp? Simak 4 Tips untuk Mensiasatinya - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang paling sering digunakan. Untuk bisa menggunakannya perlu media berupa smartphone dan kuota data internet. Kedua hal ini tidak bisa dilepaskan dari penggunaan aplikasi tersebut. 

 

Umumnya penggunaan aplikasi ini tidak begitu menyedot kuota atau data internet. Akan tetapi untuk kebutuhan tertentu maka aplikasi ini akan memakan data internet yang cukup besar. hal ini biasanya menjadi "PR" tersendiri bagi penggunanya karena pengeluaran akan bertambah akibat penggunaan aplikasi.

 

Bagi pengguna yang terbiasa perhatian dan hemat dalam penggunaan data, hemat kuota saat menggunakan WhatsApp juga cukup menjadi perhatiannya. Akan tetapi, sebagian besar pengguna tidak menyadari hal ini dan justru seenaknya dalam menggunakan data internet. Tanpa disadari sebenarnya aplikasi ini tetap menggunakan data tersebut.

 

Jadi, di tengah keterbatasan seperti saat ini sepatutnya Anda bisa lebih menghemat pengeluaran termasuk penggunaan data internet. Nah, untuk mensiasatinya Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk bisa lebih menghemat penggunaan data atau kuota internet saat membuka Whatsapp.

 

Nonaktifkan Fitur Auto-download

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan menonaktifkan fitur auto-download. Fitur ini biasanya akan membuat setiap foto yang dikirim oleh nomor kontak di ponsel Anda ter-download secara otomatis. Dengan mengnonaktifkan fitur ini Anda bisa lebih selektif dan memilih foto mana yang ingin Anda buka atau tidak.

 

Hal ini bisa anda lakukan agar bisa lebih hemat kuota saat menggunakan WhatsApp. Untuk menonaktifkan fitur ini Anda bisa memilih menu settings pada layar aplikasi WA yaitu dengan tap tanda titik tiga di pojok kanan atas. Pilih data and storage usage lalu hilangkan semua tanda ceklis yang ada pada opsi yang muncul pada layar.

 

Gunakan Fitur Low Data Usage

Tips berikutnya Anda bisa menggunakan fitur low data usage yang berguna untuk mengurangi ukuran transaksi data pada pesan Whatsapp. Kualitas media yang dikirim tetap tidak berubah hanya saja ukuran datanya yang bisa lebih diperkecil. Cara ini tentu saja bisa bisa membuat Anda lebih hemat kuota saat menggunakan WhatsApp.

 

Untuk mengaktifkan fitur ini Anda bisa melakukan cara yang sama seperti tips sebelumnya dengan memilih setting lalu klik data and storage usage. Kemudian ceklis opsi low data usage untuk mengaktifkan fitur tersebut. Aplikasi ini kemudian akan mengkompres jumlah data yang akan dikirimkan.

 

Dengan melakukan cara hemat kuota saat menggunakan WhatsApp ini Anda akan mengalami penurunan kualitas pada datanya namun hanya sedikit saja. Bahkan biasanya perubahan ini tidak begitu disadari oleh penggunanya. Anda tak perlu khawatir karena perubahan kecil tersebut tidak akan memberikan pengaruh yang cukup besar pada aktivitas Anda di aplikasi ini.

 

Nonaktifkan Background Data WhatsApp

Kuota data internet sebenarnya masih tetap digunakan jika aplikasi WA masih berjalan di background. Tanpa disadari data internet akan tersedot karena sebenarnya aplikasi tersebut masih terbuka. Sebaiknya Anda nonaktifkan background tersebut agar Anda bisa lebih hemat kuota saat menggunakan WhatsApp.

 

Untuk melakukannya pertama bukalah Android settings dan pilih data usage. Setelah ditemukan maka pilihlah cellular data usage. Opsi ini perlu dipilih karena Anda akan menghemat kuota khusus dalam koneksi seluler. Matikan background data WhatsApp agar penggunaan data bisa lebih terkontrol meskipun aplikasi ini sedang tidak digunakan.

 

Mengatur Waktu Back Up Chat

Aplikasi ini akan mengatur secara otomatis proses back up data chatting ke akun Google Drive. Sebenarnya, Anda juga bisa mengatur sendiri kapan proses ini dapat dilakukan. Tujuannya tidak lain untuk mengontrol konsumsi kuota intermet.

 

Untuk melakukan cara hemat kuota saat menggunakan WhatsApp ini pertama Anda bisa tap ikon titik tiga pada tampilan layar chat aplikasi WA. Gunakan menu settings lalu pilih opsi chats dan chats back up untuk memindahkan data tersebut. Buka Google Drive settings dan tap back up to Google Drive. Nantinya akan muncul opsi Only when I tap Back up” dan pilih opsi ini.

 

Jika hal ini sudah dilakukan maka back up otomatis akan mati dan Anda tak perlu merasa khawatir jika proses back up akan memakan banyak kuota. Sebagai alternatif, Anda bisa melakukan back up secara manual dengan menekan tombol hijau pada pilihan menu tadi. Lebih baik lagi jika Anda bisa terhubung dengan Wi-Fi.

 

Dengan melakukan beberapa cara atau tips di atas, Anda bisa mensiasati jumlah kuota yang sedang Anda gunakan. Anda bisa lebih menghemat sisa data internet sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Anda tak perlu khawatir karena cara tersebut sangat aman bagi perangkat dan aplikasinya.

 

Perhatikan dan lakukan tips hemat kuota saat menggunakan WhatsApp ini dengan baik dan benar agar hasilnya lebih maksimal. Nantinya apa yang Anda inginkan pada kuota internet yang Anda miliki bisa lebih terasa. Selamat mencoba.

 

 

 

 

 

Artikel Terkait

Load comments