Sabtu, 24 Oktober 2020

4 Trik Aman Pergi Wisata bagi Backpacker Pemula yang Wajib Anda Ketahui

 


4 Trik Aman Pergi Wisata bagi Backpacker Pemula yang Wajib Anda Ketahui – Untuk orang-orang yang tidak terlalu menyukai hal-hal yang ribet, bahkan dalam hal pergi wisata sekali pun, maka pergi dengan konsep backpacker adalah suatu pilihan yang sangat tepat. Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan backpacker itu?
 

Sebagai anak muda atau kaum millennial pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun, untuk lebih memperjelas makna dari backpacker itu sendiri, maka akan kita bahas sekilas mengenai hal itu. Mengacu pada kata dasarnya, backpacker ini berasal dari kata backpack yang apabila diartikan ke bahasa Indonesia artinya adalah tas ransel. 


Kemudian, tambahan kata ‘’er’’ ini ditujukan untuk orang yang melakukan bepergian dengan menggunakan tas ransel, sehingga disebut dengan istilah backpacker. Namun, tidak semua orang yang bepergian dengan membawa tas ransel ini bisa dikategorikan sebagai backpacker ya. Karena, backpacker ini identik dengan hal-hal yang minim.


Diantaranya yaitu pergi dengan bawaan yang minim yaitu hanya membawa satu tas ransel, dan juga menggunakan biaya yang minim. Lalu apa yang harus Anda siapkan sebagai seorang pemula yang ingin mencoba untuk menjadi seorang backpacker? Nah, Anda bisa simak 4 trik aman pergi wisata bagi backpacker pemula. 


Buat Itinerary yang Matang


Itinerary atau suatu rencana liburan ini bisa dibilang merupakan hal yang paling utama dan tidak boleh Anda lewatkan. Karena dengan adanya perencanaan yang matang ini bisa meminimalisir risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan Anda berlangsung, terutama bagi Anda sebagai seorang backpacker pemula.


Anda bisa mulai membuat itinerary ini mulai dari awal perjalanan Anda berlangsung. Catat rute yang akan Anda tempuh, destinasi tempat wisata mana saja yang akan Anda tuju, perkiraan durasi waktu yang diperlukan selama perjalanan, tentukan juga durasi waktu menikmati destinasi, jangan sampai kebablasan sampai malam, dan juga catat perkiraan uang yang dibutuhkan untuk pergi berwisata tersebut.


Kemudian, apabila Anda akan pergi lebih dari satu hari, maka Anda juga harus memperhitungkan mengenai tempat tinggal untuk Anda singgahi ketika malam tiba. Apakah Anda akan tinggal di penginapan atau ikut bermalam di rumah teman bahkan sanak saudara Anda yang berada di area tempat wisata yang Anda tuju.


Yang tidak kalah pentingnya, Anda juga harus mencari tahu mengenai informasi lainnya, seperti informasi mengenai destinasi wisata yang akan Anda tuju, jam operasionalnya dari pukul berapa sampai pukul berapa. Anda juga harus memperhatikan alat transportasi yang akan Anda gunakan, apakah beroperasi setiap waktu atau mempunyai jadwal tertentu. 


Bawa Barang Secukupnya


4 trik aman pergi wisata bagi backpacker pemula lainnya yang harus Anda perhatikan adalah barang bawaan. Seperti yang sebelumnya sudah diungkapkan bahwa backpacker ini identik dengan barang yang minim. Sehingga, untuk pergi berwisata pun Anda harus membawa barang seperlunya. Usahakan hanya membawa satu tas ransel dan satu tas selempang kecil yang biasanya digunakan untuk menyimpan barang yang lebih penting.


Membawa barang bawaan secukupnya ini sangat dianjurkan karena hal yang ditakutkan adalah ada barang yang tertinggal di suatu tempat ketika Anda melanjutkan perjalanan ke tempat lain. Selain itu, dengan barang bawaan yang minim ini, Anda bisa lebih ringan untuk menikmati destinasi wisata tanpa perlu merasakan lelah berlebih karena membawa banyak barang.


Gunakan Transportasi Umum atau Jalan Kaki


Dengan pergi menggunakan transporasti umum, bisa lebih menghemat pengeluaran Anda. Dan tentunya suasana dan momen sebagai seorang backpacker akan lebih terasa. Karena gaya dari liburan seorang backpacker adalah menikmati liburan dengan biaya yang minim dan jauh dari kemewahan.


Apabila Anda pergi ke tempat yang sulit diakses oleh alat transportasi, maka Anda bisa berjalan kaki untuk pergi menuju ke destinasi tujuan Anda. Selain itu, alasan melakukan perjalanan dengan berjalan kaki juga menjadi salah satu dari 4 trik aman pergi wisata bagi backpacker pemula karena dengan berjalan kaki, Anda bisa lebih leluasa untuk mengeksplor destinasi wisata. 


Pilih Destinasi Wisata yang Backpacker Friendly


Destinasi yang backpacker friendly ini memang harus sangat diperhatikan, karena jangan sampai Anda pergi ke tempat yang rawan terjadi kejahatan. Bukannya pikiran menjadi tenang, yang ada Anda akan terus merasa cemas, sehingga backpacker kali ini tidak meninggalkan kesan yang baik.
Selain itu, sebagai seorang backpacker, Anda juga harus bisa menempatkan diri Anda untuk berbaur dengan warga sekitar. Karena, orang yang bisa Anda andalkan pastilah penduduk asli sana, bukan keluarga Anda yang sedang berada di rumah. Sehingga, Anda harus menjadi seorang backpacker yang ramah.


Nah, itulah 4 trik aman pergi wisata bagi backpacker pemula yang tentunya bisa menjadi acuan Anda dalam memulai perjalanan sebagai seorang backpacker. 

Artikel Terkait

Load comments